Reviewmu.com Paid Review Indonesia Adsense Indonesia

Kamis, 04 Desember 2008

Pempek, Makanan Mantap Khas Palembang

Siapa sih yang tidak kenal pempek atau empek2 ini, makanan asli Palembang yang memiliki rasa luar biasa...he...




Pempek atau Empek-empek adalah makanan khas Palembang yang terbuat dari ikan dan sagu. Sebenarnya sulit untuk mengatakan bahwa pempek adalah pusatnya adalah Palembang karena hampir di semua daerah di Sumatera Selatan memproduksinya.
Jenis pempek yang terkenal adalah "pempek kapal selam" adalah telur ayam yang dibungkus dengan adonan pempek dan digoreng dalam minyak panas. Ada juga yang lain seperti pempek lenjer, pempek bulat (atau terkenal dengan nama "ada'an"), pempek kulit ikan, pempek pistel (isinya irisan pepaya muda rebus yang sudah dibumbui), pempek telur kecil, dan pempek keriting.
Menurut sejarahnya, pempek telah ada di Palembang sejak masuknya perantau Cina ke Palembang, yaitu di sekitar abad ke-16, saat Sultan Mahmud Badaruddin II berkuasa di kesultanan Palembang-Darussalam. Nama empek-empek atau pempek diyakini berasal dari sebutan "apek", yaitu sebutan untuk lelaki tua keturunan Cina.



Berdasar cerita rakyat, sekitar tahun 1617 seorang apek berusia 65 tahun yang tinggal di daerah Perakitan (tepian Sungai Musi) merasa prihatin menyaksikan tangkapan ikan yang berlimpah di Sungai Musi. Hasil tangkapan itu belum seluruhnya dimanfaatkan dengan baik, hanya sebatas digoreng dan dipindang. Si apek kemudian mencoba alternatif pengolahan lain. Ia mencampur daging ikan giling dengan tepung tapioka, sehingga dihasilkan makanan baru. Makanan baru tersebut dijajakan oleh para apek dengan bersepeda keliling kota. Oleh karena penjualnya dipanggil dengan sebutan "pek … apek", maka makanan tersebut akhirnya dikenal sebagai empek-empek atau pempek.

Sebetulnya kalau udah ngomong tentang pempek itu gak ada habisnya deh...gak bosen juga makannya...
Waduh...jadi ngiler nih... :-)

4 komentar:

  1. favorit opa itu pemepek adaan samo pempek panggang, pempek kapal selem jugo enak, yang lebih enak itu pempek telok nyo..
    Hohooo pokoknyo enak galo...
    :D

    BalasHapus
  2. Gak pernah ngerasain makan itu, minta donk...

    BalasHapus
  3. Dikota Hujan Bogor jugo ado yang jual Pempek yang Ueenaak dengan cuko yang Mannstaaps dan ndak kalah samo yang dikota Palembang, yang pasti rasonyo jugo oke bangeet, lokasinyo di Perumahan Ciomas Permai namanya " PEMPEK XENA " pempek yang dibuat asli dari Iwak Tenggiri. Salam....

    BalasHapus